Pilkades di Sukoharjo Bakal Digelar di 13 Desa, Begini Penampakan Kotak dan Bilik Suaranya

Kotak suara dan bilik suara terbuat dari bahan kayu sejenis triplek yang sudah dicat warna putih

18 Oktober 2022, 19:01 WIB

SUKOHARJO (Keadilan.net) – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak bakal digelar di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng). Tercatat ada 13 desa di delapan kecamatan yang bakal melaksanakan pada, 8 Desember 2022 mendatang.

Hingga saat ini, kepanitian di masing-masing desa terus melakukan sosialisasi dan pendataan calon pemilih yang disusun menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelum nantinya diputuskan dalam rapat pleno menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Selain pendataan calon pemilih, kotak suara dan bilik suara yang akan digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari ‘H’ pemilihan juga sudah dipersiapkan. Salah satunya di Desa Kadilangu, Kecamatan Baki.

DPUBMCK Pemprov Jateng Siaga Penuh, Antisipasi Tanah Longsor Akibat Curah Hujan Tinggi

Sebuah kotak suara dan bilik suara terbuat dari bahan kayu sejenis triplek yang sudah dicat warna putih, terlihat sudah berada di sekretariat panitia Pilkades di balai desa setempat.

“Pembuatan kotak suara dan bilik suara ini acuannya Perbup Nomor 51 Tahun 2018 Pasal 35, tentang perlengkapan untuk penghitungan suara,” kata Ketua Panitia Pilkades Kadilangu, Ajiyono di balai desa, Selasa (18/10/2022).

Merujuk Perbup tersebut, baik untuk kotak suara dan bilik suara memiliki ukuran sama yaitu, tinggi sekira 80 centimeter, panjang sekira 50 centimeter, dan lebar sekira 50 centimeter.

14 Hari Operasi Zebra Candi 2022 di Sukoharjo, 2.944 Pelanggaran Terjaring ETLE

“Bahannya dari kayu atau bahan lain yang tidak mudah rusak, Kebetulan kami sudah membuat dari bahan kayu triplek, sudah dicat dengan warna putih, dilengkapi gembok untuk kotak suaranya. Ini sudah disetujui saat Bimtek beberapa waktu lalu,” kata Aji.

Menyesuaikan peraturan yang ada, nantinya untuk Pilkades Kadilangu akan dilaksanakan di lima TPS dengan masing-masing disediakan satu kotak suara dan satu bilik suara.

“Jadi satu kotak suara ini disediakan di TPS untuk kurang lebih 500 orang pemilih, dan jumlah TPS harus ganjil. Di Kadilangu sendiri, saat ini sudah masuk tahapan pemutakhiran data pemilih. Berdasarkan DPS ada sekira 2.166 calon pemilih,” terangnya.

Dilepas Pejabat Kampus, Tim Ekspedisi Malimpa UMS Siap Mendaki Gunung Chimborazo Ekuador

Ditambahkan, setelah tahapan pemutakhiran data pemilih dituangkan menjadi DPT pada 21 Oktober 2022, proses berikutnya adalah pengumuman lowongan Kepala Desa 24-26 Oktober 2022, disusul pendaftaran bakal calon Kepala Desa pada, 27 Oktober 2022.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sukoharjo, Bagas Windaryatno menjelaskan, 13 desa yang menggelar Pilkades meliputi, Desa Karangtengah, Kecamatan Weru; Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Desa Tanjung, Kecamatan Nguter; serta Desa Manisharjo dan Puhgogor, Kecamatan Bendosari.

Selanjutnya Desa Bulu, Desa Kayuapak, dan Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto; Desa Plumbon, Kecamatan Mojolaban; Desa Kadilangu, Kecamatan Baki; dan Desa Ngemplak, Gumpang, dan Pabelan, Kecamatan Kartasura.

Pria di Sukoharjo Tewas di Saluran Irigasi Dam Colo, Jatuh Terpeleset Saat Mencari Ikan

‚ÄúPemungutan suara dijadwalkan berlangsung pada 8 Desember 2022. Ditutup dengan pengambilan sumpah dan janji pejabat Kades terpilih pada 21 Desember 2022,” tandasnya. (Nugroho)

Berita Lainnya

Berita Terkini