MAS KAREBET Audiensi Dikbud Sukoharjo: Kolaborasi Menuju Peningkatan Budaya dan Pariwisata

Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkenalkan MAS KAREBET terkait pengembangan seni, budaya, dan pariwisata di Kartasura

3 Mei 2024, 18:13 WIB

SUKOHARJO (Keadilan.net) – Masyarakat Kartasura Bermartabat (MAS KAREBET) mengadakan audensi yang berlangsung penuh keakraban dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, Senin (1/5/2024).

Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkenalkan MAS KAREBET serta menyampaikan beberapa rekomendasi terkait pengembangan seni, budaya, dan pariwisata di Kartasura.

Ketua Umum MAS KAREBET, Dj. Respati, dan Ketua Bidang Kebudayaan, Bp. Marsudi Widodo, S.Pd, bersama dengan beberapa pegiat lainnya memimpin audensi ini. Diterima oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Bp. Y. Sri Raharjo, S.Sen, bersama dengan Ibu Atik sebagai sub koordinator sejarah dan kepurbakalaan, serta staf sub koordinator seni dan budaya, audensi berlangsung dari pukul 09.30 sampai 11.00 WIB.

Gelar Sarasehan Budaya, Upaya Mas Karebet Jaga Nilai Sejarah Kartasura

Salah satu sorotan utama dari audensi ini adalah penghargaan kepada Dikbud Sukoharjo atas penerimaan perwakilan dari MAS KAREBET.

Selain itu, audensi juga menjadi ajang silaturahmi untuk memperkenalkan MAS KAREBET kepada pihak terkait, serta menyampaikan program kerja MAS KAREBET dalam satu tahun ke depan dengan harapan untuk berkolaborasi atau bersinergi dengan Dikbud Kabupaten Sukoharjo.

MAS KAREBET juga memberikan delapan rekomendasi terkait pengembangan dan pelestarian Keraton Kartasura, termasuk pendataan situs-situs sejarah, perlunya ruang publik bagi pelaku seni budaya, dan revitalisasi Keraton Kartasura sebagai destinasi wisata dan edupark.

Mas Karebet Gelar Sarasehan Budaya, Sejarah Kartasura Penuh dengan Cinta Bukan Hanya Perang Saja

Menanggapi rekomendasi tersebut, pihak Dikbud Kabupaten Sukoharjo memberikan respons yang konstruktif, termasuk dalam hal penambahan tenaga kebersihan, pendataan situs-situs sejarah, legalitas komunitas seni budaya, dan revitalisasi Keraton Kartasura.

Meskipun masih terdapat kendala-kendala tertentu seperti keterbatasan anggaran, namun komitmen untuk meningkatkan budaya dan pariwisata di Kartasura tetap menjadi prioritas.

Di akhir audensi, Dikud juga menawarkan kepada MAS KAREBET untuk mengisi kegiatan di Taman Budaya Suryani yang sudah ada di Sukoharjo, sebagai upaya untuk memperluas kerjasama dalam mempromosikan seni dan budaya Kartasura.

Camat Kartasura Sambut Baik Deklarasi Mas Karebet

Audensi ini mencerminkan semangat kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah dalam memajukan budaya dan pariwisata lokal, serta memberikan harapan akan terwujudnya transformasi positif bagi Kartasura.***

Berita Lainnya

Berita Terkini