Malaysia Langgar Kesepakatan, Kemnaker RI Stop Pengiriman Pekerja Migran

Keputusan atas pemberhentian PMI sektor domestik negeri Jiran ini disampaikan secara resmi oleh pihak KBRI Kuala Lumpur

16 Juli 2022, 20:24 WIB

“Keputusan atas pemberhentian PMI sektor domestik negeri Jiran ini disampaikan secara resmi oleh pihak KBRI Kuala Lumpur kepada Kementrian Sumber Daya Manusia Malaysia,” jelas Ida.

Berikut isi MoU Indonesia-Malaysia tentang PMI tersebut:

1. One Channel System menjadi satu-satunya kanal yang legal untuk mekanisme perekrutan dan penempatan PMI sektor domestik ke Malaysia, yang mana dilakukan melalui integrasi sisem online milik Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia.

Kembali ke Indonesia, Kloter Pertama Jemaah Haji Debarkasi Jakarta Disambut Menko PMK dan Menhub

2. Tidak ada lagi direct hiring. Semua penempatan PMI Domestik ke Malaysia melalui agensi perekruan Indonesia dan Malaysia yang terdaftar di dalam sistem yang terintegrasi.

3. PMI hanya akan bekerja di 1 tempat/rumah.

4. PMI dengan jabatan Houskeeper and Family Cook bsekerja pada pemberi kerja dengan jumlah keluarga maksimum 66 orang dalam 1 rumah/tempat tinggal.

5. Pemberi kerja dapat merekrut PMI dengan jabatan Child Caretaker untuk merawat anak dan/atau Elderly Caretaker untuk merawat lansia sesuai kebutuhan.

Lucinta Luna Kembali Bikin Heboh Warganet, Ternyata Ini Sebabnya

6. PMI masuk dalam skema asuransi ketenagakerjaan Malaysia untuk pekerja asing (SOCSO) dan asurasi kesehatan yang berlaku di Malaysia, dengan biaya premi ditanggung oleh pemberi kerja.

7. Perwakilan RI di Malaysia berwenang menetapkan besaran upa minimun PMI (RM 1.500) dan pendapatan minimum calon pemberi kerja (RM 7.000).

8. Proses penempatan PMI pada sektor domestik ke Malaysia dengan skema One Channel System akan dimionitor dan dievaluasi secara berkala oleh kedua pemerintah.***

Berita Lainnya

Berita Terkini