Unik! Sekar Tandjung Ikut Kerja Bakti Warga Rawat Tempat Bersejarah

Sekar Tandjung kerja bakti membersihkan lingkungan cagar budaya Kesultanan Keraton Pajang

26 Mei 2024, 21:45 WIB

SOLO (Keadilan.net)Sekar Tandjung Kerja Bakti bersama Warga Kota Solo menyambut perayaan Suro di Keraton Pajang. Politisi muda Partai Golkar Sekar Tandjung mempersiapkan perayaan Suro dengan cara yang unik di Keraton Pajang.

Bersama dengan warga Paguyuban Sutrisno Tirakat Keraton Pajang, Sekar Tandjung kerja bakti membersihkan lingkungan cagar budaya Kesultanan Keraton Pajang.

“Kita hari ini mendapat ajakan dari warga setempat dalam kegiatan kerja bakti membersihkan Petilasan Keraton Pajang dalam rangka menyambut bulan Suro” kata Sekar saat ditemui pada kegiatan tersebut, Minggu (26/5/2024).

Bertajuk Senam Karya Nusantara, Sekar Tandjung Ajak Masyarakat Lebih Sehat dan Produkti

Sekar menjelaskan bahwa Petilasan Keraton Pajang ini merupakan tempat yang sangat bersejarah. “Tempat ini merupakan aset sejarah dan budaya yang terdapat di sekitar Kota Surakarta,” terusnya.

Lebih lanjut, Politisi yang digadang-gadang sebagai calon pemimpin muda Kota Solo tersebut mengajak masyarakat untuk mencintai dan melestarikan budaya.

“Saya mengajak masyarakat untuk lebih mengenal situs bersejarah yang menjadi asal muasal Kota Solo, agar kita semakin mencintai kota ini dan merealisasikan potensi kemajuannya dengan tetap melestarikan akarnya,” pungkasnya.

Solid! Pendukung Sekar Tandjung Tanda Tangani Pakta Integritas Pemenangan Pemilu 2024

Harapannya pelestarian budaya situs bersejarah ini juga mampu menjadi penggerak perekonomian warga.

Wartono selaku salah satu pengelola situs Petilasan Keraton Pajang menjelaskan bahwa banyak peninggalan yang di kumpulkan disini merupakan jejak sejarah kerajaan islam pertama di pulau Jawa.

Ia mengajak generasi muda untuk lebih mengenal budaya dan sejarah khususnya yang ada di Kota Solo. “Saya mengajak anak muda untuk lebih mengenal lagi kerajaan islam pertama ditengah-tengah Pulau Jawa,” tuturnya.

Konsolidasi Pemenangan Partai Golkar Solo, Sekar Tandjung: Fokus Mantapkan Barisan!

Sebagai informasi Keraton Pajang merupakan kerajaan islam yang berdiri pertama kali di tengah-tengah pulau Jawa pada tahun 1565 masehi. Keraton Pajang memiliki peranan penting dalam peradaban islam di Jawa pada abad tersebut.

Bahkan Kerajaan ini sebagai simbol persatuan umat islam mahdzab Syiah dan Hanafi. Sementara itu, serangkaian acara budaya di bulan Suro turut di gelar sebagai bentuk akulturasi tradisi dan ritual religiusitas.

Rencananya Keraton Pajang akan menyelenggarakan kirab budaya ‘Songsong Agung Tunggorojo’, Wayangan Ruwatan Massal yang masing pada awal dan akhir bulan Suro.***

Berita Lainnya

Berita Terkini