Firli Bahuri Dijatuhi Sanksi Mengundurkan Diri, Pertama Kali Dalam Sejarah KPK

Firli Bahuri merupakan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi pertama yang dijatuhi sanksi untuk mengundurkan diri

28 Desember 2023, 21:35 WIB

JAKARTA (Keadilan.net) – Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean menyebutkan, Firli Bahuri merupakan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pertama yang dijatuhi sanksi untuk mengundurkan diri. Hal itu disampaikannya dalam kanal YouTube KPK, Kamis (28/12/2023).

“Ketua KPK yang diadili oleh Dewas dengan keputusan untuk bersangkutan mengundurkan diri, itu baru pertama kalinya,” kata Tumpak.

Dilansir dari Info Publik, Tumpak selanjutnya mengatakan, setelah menjatuhkan putusan itu, Dewas KPK akan segera mengirimkan keputusan tersebut kepada Presiden Joko Widodo untuk ditindaklanjuti.

Tok! Firli Bahuri Resmi Divonis Pelanggaran Etik Berat, Berikut Ini Penjelasannya

Sebelumnya, Firli melakukan tiga pelanggaran kode etik. Pelanggaran kode etik yang pertama adalah mengadakan hubungan langsung dan tidak langsung dengan pihak lain yang ada kaitannya dengan perkara yang sedang ditangani KPK.

Kedua, adalah tidak melaporkan ke sesama pimpinan KPK soal pertemuan dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di GOR Tangki Mangga Besar.

Dan, pelanggaran ketiga adalah soal harta valuta asing dan bangunan serta aset yang tidak dilaporkan di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Gentle! Firli Bahuri Nyatakan Mundur dari Jabatannya Sebagai Ketua KPK

Untuk itu Dewas menyatakan Firli telah melakukan pelanggaran kode etik berat atas ketiga pelanggaran tersebut. Perbuatan Firli tidak menunjukkan keteladanan dalam tindakan dan perilaku sebagai pemimpin KPK.***

Berita Lainnya

Berita Terkini