Satlantas Polres Sukoharjo Cek Kesehatan Sopir dan Kelaikan Bus Angkutan Umum

Pemeriksaan kesehatan sopir dan pengecekan kendaraan itu dilakukan secara rutin dan berkala guna memberikan kenyamanan bagi penumpang

11 Juni 2024, 18:46 WIB

SUKOHARJO (Keadilan.net) – Memastikan kelaikan dan keamanan bus penumpang angkutan umum, Satlantas Polres Sukoharjo melakukan pemeriksaan terhadap sopir sekaligus armada busnya di garasi dan terminal yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Dalam kegiatan ini, para sopir dilakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus test urine. Sedangkan untuk armadanya dilakukan ramp check.

“Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan para sopir dalam kondisi prima saat menjalankan kendaraan serta kendaraan dalam kondisi baik dan layak jalan,” kata Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Betty Nugroho usai pemeriksaan di garasi bus Gunung Mulia dan di terminal Sukoharjo, Selasa (11/6/2024).

Mendadak Kumpulkan Anggota, Propam Polres Sukoharjo Gelar Tes Urine

Betty menjelaskan, pemeriksaan kesehatan sopir dan pengecekan kendaraan itu dilakukan secara rutin dan berkala guna memberikan kenyamanan bagi penumpang. Serta mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka keselamatan bersama, melibatkan Dinas Perhubungan, Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan,” kata Kasat Lantas.

Lebih lanjut ia menyatakan, dilakukannya test urine untuk memastikan bahwa sopir dalam keadaan sehat dan tidak mabuk. Pada kesempatan itu, Kasat Lantas juga mengimbau kepada para sopir bus untuk tetap mematuhi rambu-rambu lalulintas dan tidak ugal-ugalan di jalan saat mengemudi.

Razia Tempat Hiburan Malam, Tim Patroli Siraju Polres Jepara Gelar Tes Urine

Betty sempat menanyakan durasi pengemudi dalam mengemudikan bus dalam perjalanan. Dari sejumlah orang yang dimintai keterangan, rata-rata mengemudikan bus antara 6 jam sampai 7 jam.

Menurutnya, jika lama mengemudi seperti yang dilakukan kebanyakan sopir tersebut adalah kurang ideal. “Seharusnya lama mengendara itu maksimal 4 Jam,” ujarnya.

Untuk itu Betty mengimbau para sopir supaya beristirahat jika sudah mengemudi selama 4 jam atau bergantian dengan kru bus lainnya demi keselamatan bersama. (Nugroho)

Berita Lainnya

Berita Terkini