Resmi Ditutup Presiden Joko Widodo, Menkeu Sri Mulyani Menyiratkan KTT G20 Sukses

Leaders' Declaration atau Deklarasi Pemimpin G20 turut mencakup komitmen Indonesia dalam mengembangkan transisi energi

17 November 2022, 18:20 WIB

NUSA DUA (Keadilan.net) – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati terlihat begitu bahagia saat perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 Indonesia selesai dilaksanakan dan ditutup secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Nusa Dua, Bali, pada (16/11/2022).

Dalam konferensi pers di Media Center, BICC, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022), Menkeu menyiratkan keberhasilan Indonesia sebagai Presidensi G20 dalam menyelenggarakan KTT G20.

“Leaders’ Declaration atau Deklarasi Pemimpin G20 turut mencakup komitmen Indonesia dalam mengembangkan transisi energi,” kata Sri Mulyani, seperti dikutip dari Info Publik, Kamis (17/11/2022).

Buka KTT G20 di Bali, Presiden Jokowi: Mata Dunia Tertuju pada Kita

Hal itu khususnya tertuang dalam poin ke-12. Ia menjelaskan, poin ke-12 Leaders’ Declaration G20 menekankan komitmen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) poin ke-7 yaitu memastikan akses energi yang bersih dan terjangkau.

“Paragraf (poin) ke-12 adalah mengenai pencapaian SDGs nomor 7 yaitu bagaimana akses terhadap energi dan menghilangkan kemiskinan akibat kekurangan akses terhadap energi,” kata Menkeu.

Ia menjelaskan, dalam Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia, sektor energi adalah penghasil CO2 terbesar dan paling mahal untuk mencapai keseimbangan.

Menparekraf Sandiaga Uno Optimis KTT G20 Dongkrak Target 3,6 Juta Wisman

Oleh karena itu, poin ke-12 yang tertuang dalam Leaders’ Declaration G20 diharapkan mampu menutup gap atau kesenjangan dengan kelompok yang sulit mengakses energi, terutama bagi negara miskin.

“Energi hijau itu tidak hanya subsidi tapi juga pendanaan untuk memensiunkan batu bara dan investasi di energi terbarukan,” pungkas Sri Mulyani.***

Berita Lainnya

Berita Terkini