Mantap, UMS Satu Satunya PT Penerima Hibah Belmawa Kemendikbud Ristek di Jateng

Belmawa memilih delapan PT yang dipercaya untuk menjadi partner dalam mendampingi meningkatkan kualitas perguruan tinggi

16 Juli 2022, 18:51 WIB

SUKOHARJO (Keadilan.net) – Lembaga Jaminan Mutu (LJM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapat Hibah Penjaminan Mutu dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Atas kepercayaan mendapat hibah ini, UMS menjadi salah satu dari delapan Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, dan satu-satunya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

“Raihan ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah, atas kualitas dan bentuk rekognisi di level nasional,” kata Ketua LJM UMS l, Hari Prasetyo, Ph.D, Sabtu (16/7/2022).

6 Gagasan Aktualisasi Pancasila Hasil Seminar Nasional UMS bersama MPR RI, Simak Apa Saja

Sebelumnya, lanjut Hari, ada undangan bagi 10 PT yang memiliki kualifikasi atau prestasi dalam penjaminan mutu, kemudian mengajukan proposal program apa aja yang akan dilaksanakan.

“Namun Belmawa memilih delapan PT yang dipercaya untuk menjadi partner dalam mendampingi meningkatkan kualitas perguruan tinggi,” ungkap Hari.

Menurutnya, dengan kepercayaan itu harus disyukuri karena UMS akan lebih dikenal lagi terutama di bidang mutunya di kancah nasional.

UMS Gelar Student Achievment Award 2022, Ajang Apresiasi Mahasiswa Berprestasi

Melalui kegiatan ini diharapkan selain untuk mempertahankan mutu pendidikan, juga dengan adanya kepercayaan itu akan memiliki tanggung jawab yang besar karena setiap langkah UMS akan diperhatikan orang.

“LJM UMS di amanahi untuk mendampingi 11 PT, langkah selanjutnya akan mengadakan lima program dan salah satu hal yang menarik adalah UMS akan mengadakan open house terkait pengelolaan perguruan tinggi,” paparnya.

Selain itu LJM UMS kata Hari, juga akan melakukan pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari perguruan tinggi mitra.

MBZ Keadilan bersama Mahasiswa Fakultas Hukum UMS Gelar Penyuluhan Masyarakat, Bahas Konsekuensi Hukum Perceraian

Wakil Rektor I Prof. Dr. Drs. Harun Joko Prayitno, SE., M.Hum menyampaikan, prestasi UMS melalui LJM UMS, merupakan pilar penting dalam rangka mengantarkan UMS menjadi universitas bereputasi dan semakin unggul mendunia.

“Melalui LJM ini, UMS dapat menorehkan prestasi yang luar biasa, pertama pada bulan Desember 2021 lalu UMS memperoleh predikat unggul, kemudian sebagai apresiasi lima tahun yang lalu, dan lima tahun yang akan datang,” sebutnya.

Kedua, mampu mengantarkan 70% program studi memperoleh akreditasi unggul, dan yang ketiga memperoleh kepercayaan Hibah Penjaminan Mutu.

Kunjungi Edutorium UMS, Menpora Cek Kesiapan Venue Bulu Tangkis ASEAN Para Games

Harun pun berharap dengan perolehan ini mampu meningkatkan laju mutu dan repurtasi UMS di era global.

UMS selalu berbenah dan berkomitmen tinggi untuk mengantarkan mutu, dan bukan hanya sekedar pengakuan mutu, tetapi mutu yang sesungguhnya adalah mutu mahasiswa dan kualitas lulusan UMS,” pungkasnya.***

Berita Lainnya

Berita Terkini