UMS Gelar Student Achievment Award 2022, Ajang Apresiasi Mahasiswa Berprestasi

Berbagai penghargaan dari mengikuti kompetisi baik nasional hingga internasional telah diraih

28 Juni 2022, 18:09 WIB

SUKOHARJO (Keadilan.net) – Kali pertama diselenggarakan, Student Achievment Award (SAA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) 2022 memberikan anugerah penghargaan kepada Rosa Sayentina Amin, mahasiswi Fakultas Farmasi.

Jebolan SMP dan SMA Pondok Modern Darussalam Gontor 3 Indonesia ini, telah membuat UMS bangga dengan segudang prestasinya. Berbagai penghargaan dari mengikuti kompetisi baik nasional hingga internasional telah diraih.

Ketua Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia untuk wilayah Jateng-DIY ini, adalah peraih Gold Medal World Young Inventors Exhibition Malaysia dan Best Invention Award Asian Young Inventors pada Desember 2021 lalu.

MBZ Keadilan bersama Mahasiswa Fakultas Hukum UMS Gelar Penyuluhan Masyarakat, Bahas Konsekuensi Hukum Perceraian

Selanjutnya pada tahun 2022 di even lanjutan yang sama, ia meraih Silver Medal World Young Inventors Exhibition Malaysia, dan meraih pendanaan PPK Ormawa Kemdikbud.

Atas prestasinya itu, Rosa di anugerahi penghargaan SAA UMS 2022 yang diserahkan langsung oleh Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si di auditorium Muhammad Jazman kampus setempat pada, Selasa (28/6/2022).

Rektor UMS menyampaikan, kegiatan spektakuler yang baru kali pertama diselenggarakan mirip seperti acara televisi ini merupakan bentuk apresiasi terhadap mahasiswa berprestasi untuk mendukung data pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT), baik akreditasi program studi maupun institusi.

Kunjungi Edutorium UMS, Menpora Cek Kesiapan Venue Bulu Tangkis ASEAN Para Games

“Strategi dalam pemeringkatan ini jangan hanya koordinasi dengan Wakil Dekan 3 tetapi juga Kepala Program Studi untuk mengawal pengembangan prestasi mahasiswa,” kata Sofyan.

Menurutnya, semua lini di kampus UMS harus mampu mengembangkan kemampuannya, baik dari dosen maupun mahasiswa dalam prestasi akademik dan juga non akademik.

“Kami mencoba untuk ekspose prestasi UMS dalam bidang kemahasiswaan dan ini merupakan indikator prestasi dunia yang diharapkan pada tahun 2029 UMS dalam World Class University, salah satunya prestasi dosen maupun mahasiswa dalam kancah Internasional,” imbuh Rektor.

UMS Gelar Akhirussanah Pesma KH Mas Mansyur, Diikuti 93 Mahasiswa Selama 2 Tahun

Sebelumnya, Kepala Biro Kemahasiswaan UMS, Ir. Ahmad Kholid Alghofari, S.T., M.T. menyampaikan, anugerah penghargaan ini diberikan kepada masing-masing bidang, terdiri 4 bagian yang ada di biro kemahasiswaan, yaitu: 1. Bagian Penalaran dan  kreativitas, 2. Bagian Minat dan Bakat, 3. Bagian Kader dan Dakwah, dan 4. Bagian Alumni dan Karir mahasiswa.

“Biro Kemahasiswaan UMS memberikan apresiasi yang berprestasi baik nasional maupun Internasional pada bidang akademik dan non-akademik. Apresiasi bisa diajukan secara mandiri melalui aplikasi sipresma.ums.ac.id,” paparnya.

Ia juga menambahkan apabila ajuan tadi sudah disetujui oleh Biro Kemahasiswaan, mahasiswa dapat mencairkan insentif melalui bendahara dan pada periode Mei-Juni 2022 penghargaan diserahkan secara langsung melalui SAA ini.

“Semoga ke depan prestasi UMS semakin bersinar dan membanggakan bangsa Indonesia,” tandas Ahmad.(Nugroho)

Berita Lainnya

Berita Terkini