Kapolres Jepara Canangkan Desa Tegalsambi Sebagai Kampung Kartini Tangguh

Kampung Kartini Tangguh adalah sebagian wujud nyata Polres Jepara dalam berkomitmen menangani persoalan sosial yang ada di desa

28 Mei 2024, 18:40 WIB

JEPARA (Keadilan.net) – Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan resmi mencanangkan Kampung Kartini Tangguh di Balai Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Selasa (28/5/2024).

Pencanangan yang juga dihadiri Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dan Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq itu, ditandai penyerahan SK Kampung Kartini Tangguh Desa Tegalsambi kepada petinggi kampung setempat Agus Santoso.

Kampung Kartini Tangguh adalah sebagian wujud nyata Polres Jepara dalam berkomitmen menangani persoalan sosial yang ada di desa, melalui gerakan bersama masyarakat, para aktivis perempuan dan pemerintahan desa dengan dilandasi spirit dan gagasan R.A. Kartini,” kata Kapolres.

Hari Raya Waisak di Jepara Aman, Kapolres Turun Langsung Memantau

Kapolres menyebut, awal gagasan didirikannya dan salah satu yang melatarbelakangi gagasan Kampung Kartini Tangguh adalah banyaknya persoalan sosial yang dihadapi oleh perempuan dan anak seperti KDRT.

“Sementara Kabupaten Jepara memiliki R.A. Kartini, Ratu Shima dan Ratu Kalinyamat yang dikenal sebagai pahlawan emansipasi dan inspirasi perempuan Indonesia. Karena itu, kita ingin menghadirkan spirit dan gagasan tiga tokoh perempuan yang luar biasa itu untuk menangani persoalan yang ada,” terangnya.

Dengan adanya Kampung Kartini Tangguh, diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bersama, jangan sampai semua persoalan selesai dalam ranah hukum. Pencanangan ini juga harus diimplementasikan dengan kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak.

Bubarkan Aksi Balap Liar, Polres Jepara Amankan Puluhan Motor

“Harapannya, pencanangan ini bukan hanya gimik dan formalitas tetapi harus benar-benar diimplementasikan dan perlu kerjasama serta kolaborasi dari semua pihak,” pintanya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan dukungannya terhadap lahirnya Kampung Kartini Tangguh di Desa Tegalsambi. Ia menilai gagasan Kapolres Jepara ini orisinil dan luar biasa.

“Saya berharap agar seluruh warga masyarakat mendukung terwujudnya Kampung Kartini Tangguh dengan tujuan untuk mengatasi persoalan sosial dengan menggunakan pendekatan budaya,” ujarnya.

Peringatan May Day di Jepara, Polisi Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan

Perlu diketahui, gagasan ‘Kampung Kartini Tangguh’ pertama kali disampaikan Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat menggelar kegiatan ‘Curhat Bersama Polwan’ dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-75 Polwan di Aula Mapolres Jepara, Rabu (2/8/2023) lalu. (Nugroho)

Berita Lainnya

Berita Terkini