Prabowo Gibran akan Terapkan ‘Kabinet Zaken’ di Pemerintahan Baru? Berikut ini Penjelasannya

Konsep kabinet zaken ini dilakukan dengan merekrut orang-orang yang memang dari kalangan ahli, atau profesional di bidangnya

5 Mei 2024, 19:55 WIB

SOLO (Keadilan.net) – Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka hingga kini masih sibuk menyusun kabinet yang akan bekerja di masa kepempimpinan periode 2024-2029.

Dikutip dari Instagram @Undercover.id, Kabinet Zaken dinilai bisa menjadi konsep cemerlang untuk masa pemerintahan di bawah pimpinan Prabowo dan Gibran.

Dengan beban berat yang dipikul Prabowo-Gibran dalam memenuhi ekspetasi hampir 100 juta pendukungnya di Pilpres 2024, Kabinet Zaken dinilai bisa jadi solusi terbaik untuk konsep kabinet di masa kepemimpinan keduanya.

PKS Ingin Gabung Koalisi Prabowo, Sekjen: Kita Berharap Gitu

Lalu apa itu Kabinet Zaken yang dinilai cocok sebagai konsep kabinet di masa pemerintahan Prabowo-Gibran kelak? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kabinet Zaken

Konsep kabinet zaken (belanda) ini dilakukan dengan merekrut orang-orang yang memang dari kalangan ahli, atau profesional di bidangnya. Sehingga hal ini menjauhkan pemilihan dengan representasi partai politik.

Kabinet Zaken sendiri memiliki tujuan untuk membuat program dalam masa pemerintahan tersebut bisa dilakukan dengan profesional oleh orang-orang yang memang ahli di bidangnya, tanpa beban atau target tertentu dari partai pengusulnya.

Masuk Koalisi? Anies Baswedan Siap Bertemu Prabowo: Teman Berdemokrasi

Melihat pemilihan orang-orang untuk Kabinet dalam pemerintahan Indonesia selama ini. Pemimpin lebih mengedepankan proporsi atau target tertentu dari partai yang mengusungnya.

Sehingga Kabinet Zaken dinilai bisa memperbaiki konsep pemilihan kabinet dengan tidak terpusat pada partai pengusung namun lebih mengedepankan keahlian dari orang-orang yang akan membantu kinerja Presiden dan Wakil Presiden.

Sekalipun masih memikirkan target partai pengusung, Prabowo diharapkan bisa memperhatikan komposisi antara tokoh politik dan tokoh profesional secara proporsional.

PKS Siap Beri Karpet Merah ke Prabowo, ABA: Presiden Pemenang

Berita Lainnya

Berita Terkini